Mendagri: Tingkatkan Deteksi Dini

Mendagri: Tingkatkan Deteksi Dini


Tragedi teror yang menyebabkan ratusan korban tewas di Paris, Prancis harus diwaspadai oleh Pemerintah RI. Karenanya diperlukan deteksi dini seluruh aparat intelijen dan pemerintahan agar aksi teror tak terjadi di Tanah Air.

Demikian dikemukakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai peresmian Monumen Laskar Tionghoa dan Jawa Melawan VOC (1740-1743) di Taman Budaya Tionghoa, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (14/11).

"Pemerintah RI turut berduka atas aksi teror di Paris. Kami jajaran Kementerian Dalam Negeri tentu mengambil hikmah dari kejadian itu. Seluruh daerah kini harus senantiasa lakukan deteksi dini," kata Tjahjo.

Menurutnya, pemerintah sudah memberikan peringatan kepada WNI di seluruh dunia agar berhati-hati. Dia menambahkan, agen travel juga patut mencermati WNI yang bepergian ke negara yang berbatasan dengan Suriah. Dengan begitu, tidak ada WNI yang kemudian bergabung dalam kelompok ISIS.

"Kita sudah kecolongan, ada eselon II di Batam, tahu-tahu lari ke Suriah. Padahal, dia orang yang saya kenal cukup baik. Karenanya kita harus saling mengingatkan, membangun keimanan yang kuat," ujarnya.

"Dengan adanya isu ISIS serta kelompok-kelompok radikal, maka deteksi dini adalah keniscayaan," pungkasnya.

Secara terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, dirinya mengutuk keras aksi terorisme dan kekerasan di Prancis.

"Saya menyampaikan duka mendalam bagi korban aksi terorisme dan kekerasan di Paris, dan juga kepada pemerintah dan rakyat perancis," demikian Presiden.

Dalam pernyataan duka cita yang disampaikan Presiden sesaat sebelum keberangkatannya ke Turki, Presiden menyatakan terorisme, dengan alasan apa pun dan dalam bentuk apa pun, tidak dapat ditoleransi. "Pemerintah dan bangsa Indonesia mengutuk keras kekerasan dan kekejaman yang terjadi," kata Presiden.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia menyerukan semua pihak untuk memperkuat kerjasama internasional dalam menghadapi terorisme.


Artikel Terkait

    0 Komentar

    Tulis Komentar