Rapat Pembentuka Forum Kewaspadaan Dini

Rapat Pembentuka Forum Kewaspadaan Dini


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Selasa 15 Juni 2021 sekira pukul 14.00 Wib telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Pembentuka  Forum Kewaspadaan Dini Kabupaten Musi Rawas Tahun 2021 bertempat di Ruang Kerja Wakil Bupati Musi Rawas.

Kegiatan dihadiri oleh :
1. Wakil Bupati Musi Rawas Hj.Suwarti
2. Kaban Kesbangpol Kab.Musi Rawas H.Amra Muslimin, S.Sos, SH, M.Si
3. Kasdim 0406/Mura Mayor Czi Ayub
4. Pasi Intel Kodim 0406/Mura Kapt Caj Fajar
5. KBO Sat Intelkam Polres Musi Rawas Iptu Fauzan Aziman
6. Kasi Intel Kejari Lubuklinggau Aan Tomo
7. Kabid Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Kab.Musi Rawas Feri Antony, SH
8. Kasubbid Kewaspadaan Dini Badan Kesbangpol Kab.Mura Dwi Nawangsari,SE

Wakil Bupati Musi Rawas Hj.Suwarti menyampaikan :
Tim Kewaspadaan Dini Pemkab. Musi Rawas yang dipimpin oleh Bupati hendaknya mampu menampung semua aspirasi yang mengenai semua permasalahan yang ada di Kabupaten Musi Rawas, Semua data dan informasi yang berpotensi menimbulkan ATHG mulai dari tingkat bawah harus mampu diberikan kepada pimpinan agar semua kemungkinan dapat diminimalisir. Tim harus mampu membentuk Tim Binaan yang ada di tiap-tiap Kecamatan untuk mempermudah dalam mendeteksi semua potensi permasalahan.

Dalam waktu dekat ada kegiatan pelantikan Kades terpilih yang direncanakan pelaksanaanya pada tanggal 30 juni 2021, hal ini agar diwaspadai mengingat ada beberapa calon yang belum menerima hasil Rapat Pleno Tim Kabupaten. Beberapa point Rapat Pembentukan Tim Kewaspadaan Dini Kab. Musi Rawas, sebagai berikut :
1) Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia No. 46 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini di Daerah pada pasal 1 ayat 4 menyebutkan Bahwa Tim Kewaspadasan Dini Pemerintah Daerah adalah Tim yang dibentuk oleh Kepala Daerah untuk membantu pelaksanaan Tugas Kepala Daerah dalam pelaksanaan Kewaspadaan Dini pemerintah Daerah. Melalui Tim kewaspadaan dini Pemerintah Daerah diharapkan mampu menjaring, mengkoordinasikan berbagai informasi terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG).

2) Pasal 16 berbunyi, untuk pelaksanaan Kewaspadaan Dini masyarakat dibentuk FKDM. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara Kewaspadaan Dini Masyarakat.

Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas Tahun 2021 bertugas diantaranya :

a. Merencanakan, melaksanakan, dan merumuskan kegiatan Kewaspadaan
Dini Pemerintah di Daerah.

b. Mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi/bahan keterangan dengan unsur intelijen Negara lainnya mengenai potensial, gejala, atau peristiwa timbulnya ATHG di Daerah.

c. Mengkoordinasikan fungsi dan kegiatan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah, Kecamatan dan FKDM dalam pelaksanaan Kewaspadaan Dini terhadap potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ATHG yang mengancam stabilitas nasional.

d. Memberikan rekomendasi kepada Bupati sebagai bahan kebijakan yang berkaitan dengan pendeteksian Dini dan Pencegahan Dini terhadap ATHG didaerah

e. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2021 bertugas

- Menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, keamanan serta gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini

- Memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi Bupati mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.


0 Komentar

Tulis Komentar